Jumat, 25 April 2008

kerja ... oh ... kerja

"aku nggak betah aja ...", "di tempat baru gajinya lebih gede ...", "ini bukan duniaku ..." kalimat itu hanyalah sedikit dari sekian banyak alasan yang aku pernah dengar, saat beberapa orang di sekitarku memutuskan untuk meninggalkan pekerjaan lamanya ...
bekerja ... sebagian orang bekerja semata-mata untuk melanjutkan hidupnya ... dengan kata lain untuk mendapatkan uang ... namun ada juga yang memutuskan untuk tidak sekedar bekerja, tapi juga berkarir ... dan aku ... awalnya aku ingin berkarir setinggiiiiiiiii-tingginya ...
tapi ... seiring dengan bertambahnya umur, aku semakin sadar, bahwa sebagai manusia, tentu suatu saat aku harus membangun sebuah keluarga, dan sebagai perempuan ... tentu tidak ada alasan untuk lebih mementingkan pekerjaan dibanding keluarga ...beruntung ... di masa mudaku, aku sudah diberi kesempatan untuk menikmati berbagai jenis pekerjaan ... hingga akhirnya, aku berlabuh di dunia yang dulu hanyalah bagian dari mimpi masa depanku ... dunia yang dinamis, dan membutuhkan kekuatan ekstra untuk bertahan ... dunia jurnalistik!
ya ... di sinilah aku memutuskan untuk mendapatkan rezeki, sekaligus berkarir ... semakin hari, semakin aku sadar bahwa masih banyak yang aku harus pelajari ... dan aku semakin mengenal berbagai macam tipikal manusia ... teman-temanku datang dan pergi ...
dan dari sinilah aku mengerti ...
ketika seseorang memutuskan meninggalkan pekerjaannya, berarti ia telah melakukan dua hal baik, meskipun orang-orang di sekitarnya mungkin menyayangkan, dan mempertanyakan kepergiannya ... pertama: ia telah mengikuti kata hatinya, yang insya allah merupakan hal terbaik baginya, dan kedua: ia telah memberikan kesempatan pada orang lain yang tanpa ia sadari telah lama menunggu untuk menempati posisi sepertinya ...apapun itu ... yang pasti dunia ini semakin membuatku dewasa, danlam berpikir, dan bertindak ...

dan sampai hari ini, jika aku harus meninggalkan pekerjaanku untuk melangkah ke pekerjaan lain, makan alasannya adalah ... "aku ingin memperbanyak cerita masa mudaku, tanpa harus berhenti menyambung hidupku ..."

Tidak ada komentar: